468x60

Mengetahui gaya belajar

Kamis, 08 April 2010
MENGETAHUI GAYA BELAJAR
Tanggapilah pernyataan-pernyataan berikut ini dengan menuliskan nomor yang sesuai dengan keadaan anda pada lembar jawaban yang telah disediakan.
1. Saya lebih suka mendengarkan informasi yang ada di kaset dari pada membaca buku.
2. Jika saya mengerjakan sesuatu, saya selalu membaca instruksi terlebih dahulu.
3. Saya lebih suka membaca daripada mendengarkan kuliah/ceramah.
4. Saat saya seorang diri, saya biasanya memainkan musik atau lagu atau bernyanyi.
5. Saya lebih suka berolahraga dari pada membaca buku.
6. Saya selalu dapat menunjukan arah utara atau selatan di mana pun saya berada.
7. Saya suka menulis surat atau artikel.
8. Saat saya berbicara, saya suka mengatakan, “saya mendengar anda, itu terdengar bagus, itu bunyinya bagus”.
9. Ruangan, meja, kamar, atau rumah saya biasanya berantakan/tidak teratur.
10. Saya suka merancang, mengerjakan, dan membuat sesuatu dengan kedua tangan saya.
11. Saya tahu hampir semua kata-kata dari lagu yang saya dengar.
12. Ketika mendengar orang lain berbicara, saya biasanya membuat gambar dari apa yang mereka katakan dalam pikiran saya.
13. Saya suka berolahraga dan saya rasa saya adalah olahragawan yang baik.
14. Mudah sekali bagi saya untuk mengobrol dalam waktu yang lama dengan kawan saya saat berbicara di telepon.
15. Tanpa musik, hidup amat membosankan.
16. Saya sangat senang berkumpul dan biasanya dapat dengan mudah berbicara dengan siapa saja.
17. Saat melihat obyek dalam bentuk gambar, saya dapat dengan mudah mengenali obyek yang sama walaupun posisi obyek itu diputar atau dirubah.
18. Saya biasanya mengatakan, “saya rasa, saya perlu menemukan pijakan atas hal ini, atau saya ingin bisa menangani hal ini”.
19. Saat mengingat suatu pengalaman, saya sering sekali melihat pengalaman itu dalam bentuk gambar di dalam pikiran saya.
20. Saat mengingat suatu pengalaman, saya sering kali mendengar suara dan berbicara pada diri saya mengenai pengalaman itu.
21. Saat mengingat suatu pengalaman, saya sering kali ingat bagaimana perasaan saya terhadap pengalaman itu.
22. Saya lebih suka musik daripada seni lukis.
23. Saya sering mencoret-coret kertas saat berbicara di telepon atau dalam suatu pertemuan.
24. Saya lebih suka melakukan contoh peragaan dari pada membuat laporan tertulis atas suatu kejadian.
25. Saya lebih suka membacakan cerita daripada mendengarkan cerita.
26. Saya biasanya berbicara dengan perlahan.
27. Saya lebih suka berbicara daripada menulis.
28. Tulisan tangan saya biasanya tidak rapi.
29. Saya biasanya menggunakan jari saya untuk menunjuk kalimat yang saya baca.
30. Saya dapat dengan cepat melakukan penjumlahan dan perkalian dalam pikiran saya.
31. Saya suka mengeja dan saya pikir saya pintar mengeja kata-kata.
32. Saya akan sangat terganggu apabila ada orang yang berbicara pada saat saya sedang menonton televisi.
33. Saya suka mencatat perintah atau instrukasi yang disampaikan kepada saya.
34. Saya dapat mengingat dengan mudah apa yang dikatakan orang.
35. Saya paling mudah belajar sambil mempraktekkan/melakukan.
36. Sangat sulit bagi saya untuk duduk diam dalam waktu yang lama.
Lingkarilah angka berikut ini sesuai dengan pernyataan yang anda pilih. Jumlahkan total untuk setiap kategori. Semakin tinggi angka pada kategori tertentu berarti semakin suka anda menggunkan gaya belajar itu. Misalnya, pada gaya belajar visual, anda melingkari jawaban2, 6,7, dan 12. Maka skor total anda adalah 4 (karena anda memilih 4 nomor). Demikian seterusnya. Yang perlu diingat, anda mungkin saja menggunakan lebih dari satu gaya belajar.
Gaya belajar visual total

2 3 6 7 12 17
______________
19 23 25 30 31 33

Gaya belajar auditorial total

1 4 8 11 14 15
______________
16 20 22 27 32 34
¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬
Gaya belajar kinestetik total

5 9 10 13 18 21
______________
24 26 28 29 35 36



Lingkarilah angka berikut ini sesuai dengan pernyataan yang anda pilih. Jumlahkan total untuk setiap kategori. Semakin tinggi angka pada kategori tertentu berarti semakin suka anda menggunkan gaya belajar itu. Misalnya, pada gaya belajar visual, anda melingkari jawaban2, 6,7, dan 12. Maka skor total anda adalah 4 (karena anda memilih 4 nomor). Demikian seterusnya. Yang perlu diingat, anda mungkin saja menggunakan lebih dari satu gaya belajar.
Gaya belajar visual total

2 3 6 7 12 17
______________
19 23 25 30 31 33

Gaya belajar auditorial total

1 4 8 11 14 15
______________
16 20 22 27 32 34
¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬
Gaya belajar kinestetik total

5 9 10 13 18 21
______________
24 26 28 29 35 36

0 komentar:

Posting Komentar